Objek Wisata di Yogyakarta yang Ramah untuk Mobil Matic

6 Objek Wisata Jogja yang Ramah Mobil Matik

Jika Anda sudah sampai Yogyakarta dan sudah sukses melakukan sewa mobil matic jogja / Yogyakarta, tenang saja, berikut obyek wisata yogyakarta yang ramah untuk mobil matic Anda sekaligus tiket masuk dan lokasinya.

1. The Lost World Castle

Jika sebelumnya Anda berpikir sebuah kastil megah hanya bisa ditemukan di Eropa yang nun jauh di sana, maka Anda wajib mengunjungi The Lost World Castle.

Begitu memasuki kastil ini, Anda akan dibuat terpesona oleh sederetan atraksi yang memukau, mulai dari kastil bertema Eropa yang megah (lengkap dengan hiasan bernuansa Abad Pertengahan), pohon sakura, tenda Indian, dan patung Dinosaurus di sungai yang kering.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada hari yang cerah, sehingga Anda bisa melihat pemandangan Merapi dan lanskap Yogyakarta yang megah dengan jelas dari kejauhan!

"The Lost World Castle" Merapi Yogyakarta//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

  • Tiket Masuk : Rp25.000
  • Alamat : Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55583
  • Jam Operasi : Senin – Jumat, 07.00 – 18.00 | Sabtu – Minggu, 06.00 – 18.00

2. Pantai Sinden dan Pulau Kalong

Anda mengaku seorang petualang dan ingin berwisata yang menantang serta memacu adrenalin?

Pantai Sinden bukanlah pantai dengan hamparan pasir putih romantis seperti kebanyakan, melainkan sebuah pantai yang terjal oleh tebing tinggi tepat di tepi laut.

Anda dapat menjelajahi Pulau Kalong yang berdekatan dengan pantai ini lho – sebuah pulau karang yang tak terjamah dan penuh ditumbuhi oleh tanaman liar – dengan cara melintasi jembatan gantung yang tinggi dengan gelombang ombak ganas di bawah Anda. Berhati-hatilah melangkah jangan sampai terhipnotis dengan pesonanya!

Setelah menyelesaikan perjalanan mendebarkan ini, jangan lupa untuk menarik napas dalam-dalam dan mengagumi pemandangan indah di sekitar Anda. Begitu mengagumkan dan memesona!

  • Tiket Masuk: Pantai, Rp6.000 | Jembatan Gantung, Rp25.000 | Parkir Motor, Rp3.000 | Parkir Mobil, Rp5.000
  • Jam Operasional: 06.00 – 17.00
  • Lokasi: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta 55883
  • Cara ke Sana: Dari kota Yogyakarta, lokasi Pantai Sinden dan Pulau Kalong sekitar 80 km (2 jam mengemudi). Posisinya persis sebelum Pantai Wedi Ombo, tak jauh jaraknya dari Pantai Jungwok.

3. Taman Nasional Kalibiru

Sekitar 1-2 jam perjalanan ke barat dari pusat kota dan Anda akan segera merasakan perubahan suhu dan lenyapnya deru suara sepeda motor. Di sini semuanya segar, udara sejuk dan jalanan sepi – sangat bagus untuk menyegarkan diri setelah penat dari pekerjaan.

Melewati jalanan yang berkelok-kelok dan menanjak di pegunungan Menoreh, terdapat Taman Nasional Kalibiru yang dibangun dan dikelola oleh penduduk setempat sejak 2009.

Tak seperti kebanyakan taman yang menawarkan kegiatan outbound pada umumnya, panjat tebing dan berbagai aktivitas outdoor di Taman Nasional Kalibiru dilengkapi pemandangan yang menakjubkan dari puncak gunung.

Untuk menyelesaikannya, sebuah flying fox tersedia di dek di atas sebuah pohon dengan pemandangan menghadap Danau Sermo. Dan jika cukup beruntung, Anda mungkin akan biasa melihat gelombang putih Laut Selatan!

Sunshine//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

  • Tiket Masuk: Rp5.000 | Paket Outbound, Rp35.000
  • Lokasi: Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta 55561
  • Telepon: 0813 9294 7249, 0813 9202 3122
  • Jam Operasional: 24 jam

4. Pantai Timang

Sudah bukan rahasia lagi kalau di Kabupaten Gunung Kidul terdapat banyak pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Timang yang terletak 35 kilometer di selatan Wonosari. Pemandangan ombak yang menghantam tebing dan batu karang di sini sungguh menakjubkan.

Pengunjung dapat menguji nyali mereka dengan menyeberang ke Pulau Watu Panjang menggunakan ‘kereta gantung’ sederhana yang terbuat dari kayu. Dan bukannya, meluncur di kabel berbahan baja, yang menahan ‘kereta gantung’ ini adalah tali tambang biasa!

Awalnya, ‘kereta gantung’ ini digunakan nelayan lokal sebagai alat transportasi untuk membawa lobster tangkapan.

Mancing Lobster di Pantai Timang Gunung Kidul//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

  • Tarif Kereta Gantung: Rp200.000,-
  • Lokasi: Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 5581
  • Cara ke Sana: Dari Wonosari, arahkan tujuan ke selatan menuju Pantai Baron. Di pertigaan Mulo ambil arah menuju Pantai Siung lalu lewati Pasar Dakbong hingga melalui jalanan berbatu.

5. Taman Bunga Matahari Pantai Samas

Taman bunga matahari ini merupakan tempat selfie baru yang telah menjadi sensasi di Instagram. Bagi Anda yang suka foto-foto dan upload cantik di Instagram, wajib ke sini.

Meski tidak terlalu luas dan terletak hanya 5 menit dari Pantai Samas (pantai yang tak terlalu menarik), taman bunga matahari ini telah berhasil mengundang hampir 2000 orang per hari pada musim liburan.

  • Tiket Masuk: Pantai Samas, Rp5.000 | Kebun Bunga Matahari. Rp5.000 | Wisata Petik Bunga, Rp10.000
  • Alamat: Jalan Lintas Selatan, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Koordinat di sini.
  • Jam Operasional: 06.00 – 17.00

6. Pantai Watu Lumbung

Ada banyak sekali pantai tersembunyi di sekitar Jogja, dan Watu Lumbung adalah salah satunya.

Tak seperti pantai kebanyakan, Pantai Watu Lumbung memiliki hamparan tebing dan batu-batu karang dengan formasi yang sangat unik. Bahkan salah satunya memiliki lubang sehingga tampak seperti pintu gerbang yang siap menyambut kedatangan Anda. Tak hanya batu-batu karang, di pantai ini juga terdapat bukit-bukit kecil kehijauan!

Pokoknya setiap sudut dari pantai ini layak dan wajib untuk dijelajahi, tapi pastikan untuk tetap berhati-hati dan mengutamakan keselamatan.

Harmony//embedr.flickr.com/assets/client-code.js

  • Lokasi: Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cara Menghemat Biaya Sewa/Rental Mobil

Cara Berhemat Biaya Sewa/Rental Mobil

Saat berlibur, kendaraan menjadi suatu yang wajib disiapkan. Karena, mobil brguna untuk penunjang Anda untuk mengunjungi berbagai tempat wisata yang dituju. Misalkan Anda berlibur ke Jogja lebih baik Anda sewa mobil matic di Jogja yang lebih murah daripada membawa mobil dari rumah.

Nah berikut 7 tips agar sewa mobil Anda murah:

1. Pesan Terlebih Dahulu

Ketika Anda memesan mobil baik secara online maupun offline terlebih dahulu Anda harus mendapatkan kesepakatan harga. Kesepakatan antara penyedia mobil sewa dan Anda ini penting untuk kelancaran urusan. Ketika sudah sepakat soal biaya sewa, Anda bisa menuju cara kedua.

2. Sesuaikan Pick-Up Dan Drop-Off Times

Saat mencari mobil sewa / rental, waktu pick-up dan drop-off biasanya dalam waktu setengah jam. Coba Anda tanyakan apakah itu mempengaruhi tarif Anda. Biasanya itu tidak terhitung tarif Anda, tapi pastikan lebih dulu kepada penyedia mobil. Hal itu lebih aman supaya tidak ada salah paham.

3. Pesanlah Kendaraan Terkecil Yang Anda Butuhkan

Pikirkan baik-baik tentang jenis kendaraan yang Anda butuhkan. Menjadi nyaman adalah penting agar Anda menikmati perjalanan Anda. Pesan kendaraan kelas terendah yang akan Anda butuhkan dengan nyaman, dan kemungkinan Anda bisa mendapatkan diskon disaat Anda menggunakan jasa rental lebih lama.

4. Jangan Negosisasi di Bandara

Lokasi di luar bandara biasanya lebih murah daripada lokasi di dalam bandara. Lihatlah di lokasi tetangga terdekat untuk menghemat uang. Strategi ini paling baik diterapkan di kota-kota yang memiliki transportasi umum yang efisien dan terjangkau. Misal ketika Anda berlibur ke Jogja dan Anda sewa mobil matic Jogja, keluarlah dari area bandara dan cari persewaan mobil.

5. Periksa Opsi Jarak Tempuh Tak Terbatas

Pastikan rental mobil yang Anda gunakan termasuk pilihan jarak tempuh tak terbatas. Dan, Anda bisa membawa mobil Anda ke tempat yang Anda inginkan. Dengan driver berpengalaman serta menguasai medan tempuh yang Anda iginkan. Utamakan kenyamanan dan kesepakatan yang sudah terbangun di awal.

6. Periksa Opsi Kebijakan Bahan Bakar

Beberapa perusahaan penyewaan mobil akan meminta Anda untuk mengembalikan mobil dengan jumlah bahan bakar yang sama dengan yang ada di tangki saat pick-up Atau Include Driver namun tidak include bahan bakar. Maka, sebelum menggunakan mobil sewa tersebut, Anda lebih baik untuk memotret navigasi tangki bahan bakar di mobil sebagai bukti.

7. Periksa Mobil Anda Sebelum Pergi

Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap mobil sewaan Anda. Baik dari fisik yang misalnya ada kelecetan atau sejenisnya, fotolah bagian itu sebagai bukti. Selalu teliti ketika melakukan pemeriksaan ini. Sebab, jika Anda ceroboh dan ketika pengembalian mobil itu terdapat lecet tapi Anda tidak punya barang bukti gambar, Anda bisa diminta denda. Jadi, hati-hatilah dan telitilah supaya biaya tak terduga Anda tidak membuat Anda rugi besar.

Demikian beberapa tips informasi penyewaan mobil untuk Anda sebelum melakukan perjalanan bersama keluarga, rekan bisnis, pribadi dll. Agar biaya yang dikeluarkan tidak melebihi angaran/budget.

Perbedaan Mobil Matik dan Manual

Perbedaan Mobil Matik dan Manual

Bagi anda yang sedang bingung memilih mobil matic vs manual, baik untuk membeli atau sewa mobil, apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih Mobil Matic vs Manual, sebagai berikut :

1. Bahan Bakar Minyak (BBM)

Selain melihat harga yang telah ditetapkan oleh penjual terhadap pembeli, terlebih pembeli harus memperhatikan bahan bakar apa yang dipakai mobil yang akan di beli.

Dalam mobil matic atau manual ini bahan bakar yang digunakan adalah Bahan Bakar Minyak (BBM) sehingga BBM sendiri menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Sehingga bagaimana cara untuk membedakan pemakaian BBM pada mobil matic dan manual.

Teliti terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab keborosan, Pada mobil yang bermesin manual sering di katakan irit karena pengemudi nya selalu menyesuaikan dengan apa yang dia butuhkan seperti menggunakan kecepatan mesin dan menggunakan kopling, jika ingin pindah gigi maka rem dalam keadaan rendah.

Sedangkan pada mobil matic tidak bisa diatur seperti mobil manual sehingga cenderung mengalami putaran yang tidak teratur.

2. Perawatan

Sebagai pemilik kendaraan juga harus memperhatikan bagaimana cara perawatan pada mobil matic maupun mobil manual. Dalam mobil matic dan manual juga memiliki perbedaan dalam segi perawatan.

Banyak manfaatnya jika pemilik mobil mengetahui jadwal untuk perawatan mobil, terutama yang memiliki mobil yang bermesin matic. Sejauh ini mobil matic memang sangat membutuhkan perawatan secara rutin bahkan bisa dibilang sering dibandingkan mobil yang masih manual.

Dalam perawatan mobil matic secara rutin dan pasti mengeluarkan budget yang tidak sedikit maka, setidaknya pemilik memperhatikan kendaraannya tentang pergantian oli dan pengecekan mobil lainnya karena agar mobil matic yang kita miliki awet dan nyaman jika digunakan dalam keseharian.

Apabila mobil matic mengalami kerusakan maka biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal dibandingkan kerusakan pada mobil manual. Mobil manual yang sudah terkenal dengan irit dan kemudahan nya dalam segi perawatan, jika mobil manual mengalami kerusakan maka biaya yang dikeluarkan tidak sebesar biaya yang dikeluarkan jika mobil matic rusak.

3. Kenyamanan

Dari segi kenyamanan, kedua mesin mobil matic dan manual juga memiliki perbedaan.

Tetapi perbedaannya tidak terlalu tinggi karena dalam segi kenyamanan ini tergantung pada pengguna mobil masing – masing atau bisa disebut sesuai selera. Kenyamanan ini bisa dipengaruhi pada pada pengendara nya langsung seperti keahlian pengendara dalam mengendarai mobil, baru atau lamanya mobil yang kita gunakan juga tidak terlalu pengaruh tetapi yang berpengaruh yaitu bagaimana kita dalam merawat dan menjaga mobil kita.

Ada yang mobil baru tapi sudah tidak nyaman karena pemakaian yang terlalu agresif dan sebaliknya ada yang mobil sudah lama tetapi masih nyaman karena sering melakukan perawatan dan dikontrol secara rutin dengan pengendara yang hati – hati dalam mengendarai mobil.

Bagi para pengendara baru sebenarnya mobil matic ini lebih mudah untuk dikendalikan dibandingkan mobil yang bermesin manual yang memiliki peraturan yang ribet. Dalam mobil yang bermesin manual harus memiliki konsetrasi yang penuh dalam mengendarai nya karena di mobil manual ada pedal gas, rem dan juga tuas transmisi sehingga pengendara banyak yang menilai bahwa menggunakan mobil manual itu kurang nyaman.

4. Akselerasi

Pada saat menggunakan mobil matic, pengemudi bisa merasakan kenyamanan pada saat mengendarai mobil di jalan yang padat. Akan tetapi pada mobil matic ini akselerasi nya masih kurang merespon. Mobil matic dan mobil manual sangat berbeda karena pada mobil manual akselerasi nya lebih meresponsif jika digunakan dijalan. Dalam penggunaan mobil matic harus lebih diperhatikan apakah mobil matic yang digunakan memakai engine brake atau tidak menggunakan engine brake, Karena banyak mobil matic yang tidak menggunakan engine brake.

Engine brake sendiri berfungsi sebagai rem yang bisa membuat mesin berfungsi lebih maksimal. Tetapi tidak semua mobil matic memiliki engine brake. Maka dari itu ketika mengendarai mobil di jalan yang menurun harus lebih hati – hati karena jika dalam keadaan menurun sering menggunakan pengereman. Semua telah dipaparkan apa perbedaan dari mobil matic dan mobil manual sehingga pembeli bisa memutuskan keputusan untuk membeli mobil yang bermesin matic atau yang manual.

5 Tips Mengendarai Mobil Matic

5 Tips Mengendarai Mobil Matik

Jika Anda belum pernah mengendarai mobil matic, ada beberapa tips sederhana namun penting untuk Anda ikuti. Mobil Matic merupakan jenis kendaraan yang memiliki kenyamanan tersendiri bagi para pengendara. Namun, bagi pemula atau Anda yang belum pernah mengendarai mobil jenis matic ini mungkin akan terasa sulit. Tapi tenang, Anda bisa dengan mudah mempelajarinya terutama apabila Anda sudah pernah mengendarai mobil.

Dengan dilengkapi dengan tipe transmisi otomatis, mobil matic dapat memudahkan para pengendara mobil. Di Indonesia sendiri angka penjualan mobil matic setiap tahunnya mengalami peningkatan, lebih dari jutaan orang sudah menggunakan mobil matic ini.

Sebenarnya mobil matik memang terbilang lebih sederhana dan tidak terlalu sulit dioperasikan. Mengendarai mobil matik hanya membutuhkan penyesuaian dan pengetahuan bagi para pemula dan pengendara yang biasa menggunakan mobil manual.

Banyaknya permasalahan ketika mengemudi menggunakan mobil matik, membuat para dailer dan pabrik mobil menyediakan panduakn khusus menyetir mobil matic.

Terkadang pengemudi tidak mempunyai waktu lebih ketika ingin mempelajari atau membaca panduan tersebut, sehingga berdampak buruk seperti kerusakan mesin, terjadinya kecelakaan dan masalah lainya.

Nah! Berikut tips mengendarai dan menyetir mobil matic yang bisa Anda pelajari untuk pemula dan cara mengoprasikan mobil matic yang benar. Macam-macam cara berikut ini diolah dari berbagai situs di internet, yang dirangkum dengan panduan resmi cara mengemudi mobil matic asal pabrikan.

 

Tips Mengendarai Mobil Matic

1. Perhatikan Posisi dan Urutan Penggantian Tuas Transmisi.

Memperhatikan posisi dan urutan penggantian tuas transmisi, Anda harus menghafal masalah tersebut sampai benar-benar menguasai. Tips tersebut untuk menghindari kesalahan dalam mengganti tuas transmisi. Setelah benar-benar hafal dan penggantian tuas transmisi sudah menjadi suatu kebiasaan, maka tidak akan ada lagi kasus salah memasukkan posisi tuas transmisi.

2. Membiasakan Kaki pada Pedal Kopling

Selanjutnya Anda membiaskan untuk membebaskan kaki kiri dari pedal kopling, pada mobil matik tersedia dua pedal yakni pedal gas dan pedal rem.
Hal ini agar kaki kiri terbisa bebas menginjak pedal, yang bertujuan untuk menghidari resiko terjadi kesalahan menginjak rem saat rpm mobil Anda dalam keadaan naik.

3. Menginjak Rem Saat Mengganti Transmisi

Tips ketiga adalah membiasakan diri menginjak rem setiap kali akan mengganti transmisi, agar saat Anda sedang mengganti transmisi, mobil tidak akan berjalan dengan sendirinya. Hal ini merupakan masalah yang sering terjadi dikalangan pengendara mobil matic.

4. Perhatikan Area Jalan

Cara menyetir mobil matic berikutnya yaitu memperhatikan jalan yang akan Anda lewati, jika wilayah penuh dengan tanjakan atau keadaan jalan yang naik, sebaiknya Anda memindahkan transmisi pada posisi L. Pada keadaan posisi tersebut, transmisi hanya bisa berpindah antara gigi satu sampai dua saja. Saat jalan menurun posisi ini juga berguna sebagai engine brake, sehingga mesin bekerja dengan benar.

5. Memahami Fungsi Tombol HOLD

Tips yang terakhir untuk pengendara mobil matic yaitu pentingnya memahami fungsi tombol hold. Tombol tersebut merupakan fitur penguncian gigi dan dapat dioperasikan saat tuas berada pada posisi D. Ketika tombol diaktifkan, maka fitur tersebut secara otomatis mengunci mobil pada gigi dua dan tiga. Fitur ini juga berfungsi sebagai penghemat BBM, terutama pada jalanan yang sering macet seperti kota-kota besar.

Setelah mempelajari 5 Tips Mengendarai Mobil Matic di atas, ada sedikit tips tambahan bagi Anda pengendara mobil matic yaitu sering mengecek kondisi mesin, ketika mesin sangat panas terutama saat mengemudi jarak jauh, sebaiknya berhenti sebentar untuk menstabilkan mesin dalam keadaan dingin.

Lakukan perawatan mesin minimal seminggu satu kali, agar mesin tetap terawat dan nyaman untuk dipakai. Masalah yang sering terjadi pada mobil matic yaitu rem, ganti rem mobil Anda saat mulai terasa tidak cakram lagi.

Sekian tips mengendarai mobil matic, jika Anda mengunjungi sewa mobil matik di Jogja atau di manapun, pastikan Anda sudah mempelajari tips di atas.

Terima kasih.